Sosialisasi panduan pembimbingan tugas akhir
1. Buku panduan pembimbingan tugas akhir dibagi-bagikan kepada mahasiswa (buku  panduan etika dosen dan mahasiswa SK. No. 1179/H5.1.R/SK/SDM/2008)
2. Program Studi menjelaskan buku panduan tersebut kepada setiap mahasiswa baru pada setiap pertemuan inasiasi OEP (Oral English Practise).
3. Dosen wali menjelaskan sistem pembimbingan tugas akhir ketika mahasiswa sudah mencapai 110 sks.
Prosedur pelaksanaannya sebagai berikut :
a. Setelah memenuhi persyaratan akademik di PS (telah mengambil sebanyak 110 SKS dengan IPK sekurang-kurangnya 2,00), mahasiswa  calon sarjana mengajukan permohonan untuk mendapatkan pembimbing penulisan skripsi kepada Ketua PS.
b. PS menunjuk, menetapkan dan menerbitkan surat keputusan berkenaan dengan Pembimbing bagi mahasiswa calon sarjana.
c. Dosen Pembimbing dan mahasiswa calon sarjana membahas tentang penulisan rencana skripsi / proposal dan melaporkan setiap kegiatan bimbingan dalam formulir lembar bukti bimbingan (FM-010-001) yang kemudian diserahkan kepada Program Studi.
d. Mahasiswa calon sarjana atas pengetahuan Dosen Pembimbing, menyeminarkan rencana skripsi/proposal yang dihadiri oleh para mahasiswa dan para dosen.
e. Apabila skripsi /proposal disetujui, mahasiswa memulai untuk menulis skripsi termasuk pengumpulan dan analisis data.
f. Mahasiswa melakukan konsultasi mengenai penulisan skripsi dengan Dosen Pembimbing.
g. Apabila skripsi telah selesai, mahasiswa atas pengetahuan Dosen Pembimbing bermohon kepada Ketua PS untuk menyeminarkan skripsinya (Seminar hasil). Seminar ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing dan Dosen Penguji.
h. Mahasiswa calon sarjana melakukan perbaikan skripsi jika ada berdasarkan masukan-masukan atau saran yang diperoleh dari seminar hasil
i. Apabila mahasiswa calon sarjana telah melaksanakan seminar hasil dan telah memperbaiki skripsi bila ada perbaikan, mahasiswa calon sarjana atas pengetahuan Dosen Pembimbing mengajukan permohonan ujian sarjana kepada Dekan.
j. Atas permohonan mahasiwa calon sarjana, Dekan menerbitkan surat keputusan pelaksanaan  ujian skripsi.
k. Berdasarkan surat keputusan Dekan berkenan dengan pelaksanaan ujian skripsi, komisi ujian skripsi melaksanakan ujian skripsi dan menetapkan hasil ujian tersebut
l. Jika skripsi dinyatakan selesai, seorang sarjana memperbanyak skripsi dan menandatanganinya kepada Pembimbing dan Ketua Program Studi.
Menyerahkan salinan skripsi dalam bentuk buku skripsi dan CD kepada PS, Dosen Pembimbing dan Perpustakaan Pusat USU.